Tuesday, December 22, 2015

Pembuatan Bacan

Tags

Para pengunjung bloger yang setia,kali ini saya akan mengulas cara membuat batu akik bacan. Lengkap dengan video yang akan saya tautkan. Pertama memilih bahan batu bacan yang ideal yaitu dengan melihat sisi warna dan struktur batunya. Batu bacan umumnya yang bahan berwarna hijau kehitaman karena belum terpoles. Jangan memilih bahan yang berlubang karena nantinya akan susah untuk dibuat.

Setelah membeli dan memilih bahan batu berilah pola sesuai ukuran yang anda inginkan, kemudian perlahan potong menggunakan mesin potong yang baik agar tidak pecah dan retak. Sesudah dipotong sesuai ukuran mulai ke mesin poles. Perlahan menggesekan dan jangan terlalu menekan agar hasilnya baik. Jika bentuk sudah oval dan simetris mulailah digosok ke amplas ukuran kasar dahulu untuk menghilangkan hasil goresan dari batu poles tersebut.
Setelah menghilang dan mulai halus pindah ke amplas yang halus agar menutup pori batu yang ada. Perlahan lihat batu agar kita tidak terlewati hasilnya. Jika sudah halus poles ke bambu wulung agar warnanya lebih mengkilap. Sekian ulasan yang bisa saya berikan untuk para pembaca bloger terima kasih.